RPP Matematika Sistem Koordinat
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MTsS TI Lubeg
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII / SATU
Topik : Sistem Koordinat
Alokasi
Waktu : 8 jam pelajaran @ 40 menit
Jumlah
Pertemuan seluruhnya: 3 pertemuan
A.
Komptensi Inti, Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Inti (KI)
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.1 Merasa bersyukur
kepada Tuhan yang memberi kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam
kehidupan sehari-hari melalui belajar sistem koordinat
|
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif,
menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
|
2.1.1 Menunjukkan sikap konsisten dan teliti dalam
menyelesaikan tugas dari guru
2.3.1 Memiliki sikap menghargai pendapat teman dalam
diskusi
|
3 Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.10. Menggunakan koordinat Cartesius dalam menjelaskan
posisi relatif benda terhadap acuan tertentu
|
3.10.1.
Menentukan
posisi titik terhadap sumbu X dan sumbu Y
3.10.2.
Menentukan
posisi titik terhadap titik asal (0,0)
3.10.3. Menentukan
posisi titik terhadap titik tertentu (a,b)
|
B.
Materi Pembelajaran
1.
Jarak
titik terhadap titik asal (0,0)
( ditambah uraian
materi secara singkat )
2.
posisi
titik terhadap sumbu X dan sumbu Y
( ditambah uraian
materi secara singkat )
3.
Jarak
titik terhadap titik tertentu (a,b)
( ditambah uraian
materi secara singkat )
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
TAHAP PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
||||||
1.
Penentuan Pertanyaan mendasar (Start With the
Essensial Question)
|
Bagaimana menentukan posisi suatu obyek
terhadap obyek lain pada suatu peta?
|
||||||
2.
Mendesain Perencanaan Proyek (Design a plan for
the project)
|
1. Membuat aturan main, yaitu tugas proyek
dilaksanakan selama 1 minggu secara berkelompok terdiri dari 3 – 4 orang.
2. Memilih aktifitas yang mendukung menjawab
pertanyaan esensial, yaitu:
a. Siswa diberi tugas mencari peta kota yang
dilengkapi dengan denah perumahan yang antara lain memuat: rumah, tempat
ibadah, sekolah, puskesmas, pos kamling, toko, lapangan, rumah ketua RT, dll
b. Siswa diminta untuk menentukan koordinat dari
masing-masing obyek pada peta terhadap titik asal yang telah ditentukan lebih
dahulu, dan menyajikan hasilnya dalam bentuk tabel, contoh /alternatif tabel:
c. Konsultasi ke guru terkait dengan kegiatan yang sudah dilakukan
d. Membuat laporan dalam bentuk majalah dinding
e. Persiapan presentasi(pengecekan kelas yang akan digunakan, papan untuk
menempelkan majalah dinding, lcd, membuat undangan, dll)
f. Mempresentasikan laporan dalam diskusi kelas
g. Mencatat komentar dan saran dari teman teman dan guru
|
||||||
3.
Menyusun Jadwal (Create a
schedule)
|
1. Siswa diberi tugas mencari peta kota yang
dilengkapi dengan denah perumahan yang antara lain memuat: rumah, tempat
ibadah, sekolah, puskesmas, pos kamling, toko, lapangan, rumah ketua RT, dll,
2. Siswa diminta untuk menentukan koordinat dari
masing-masing obyek pada peta terhadap titik asal yang telah ditentukan lebih
dahulu, dan menyajikan hasilnya dalam bentuk tabel, contoh /alternatif tabel:
3. Konsultasi ke guru terkait dengan kegiatan yang sudah dilakukan,
4. Membuat laporan dalam bentuk majalah dinding
5. Persiapan presentasi(pengecekan kelas yang akan digunakan, papan untuk
menempelkan majalah dinding, lcd, membuat undangan, dll)
6. Mempresentasikan laporan dalam diskusi kelas
7. Mencatat komentar dan saran dari teman teman dan guru
|
||||||
4.
Memonitor Siswa dan Kemajuan Proyek (Monitor the
students and the Progress of the Project)
|
Untuk memonitor siswa dan kemajuan proyek, guru
melakukan pengamatan kepada siswa dalam menyelesaikan proyek dengan
membuat rubrik yang merekam
keseluruhan aktifitas siswa.
|
||||||
5.
Menguji
Hasil (Assess the Outcome)
|
Dilakukan penilaian tugas proyek dengan skala rentang (rating scale)
dan penilaian sikap perkembangan siswa yaitu sikap tanggung jawab dalam
kelompok
|
||||||
6. Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience)
|
Dilakukan refleksi pada akhir proses pembelajaran, terhadap aktifitas
dan hasil proyek yang sudah dijalankan.
|
E.
Penilaian
a.
Penilaian Kompetensi Sikap “konsisten
dan teliti”
1) Indikator pencapaian sikap konsisten dan teliti:
a)
Memiliki pendirian dalam menyelesaikan
tugas
b)
Berpendirian teguh dalam menyelesaikan
tugas
c)
Tidak ceroboh dalam menyelesaikan tugas
d)
Memeriksa hasil pekerjaan
2)
Cara penilaian sikap konsisten
dan teliti :
a)
Observasi
b)
Penilaian Diri
c)
Penilaian Antar Siswa
3)
Instrumen penilaian kompetensi sikap
(terlampir)
4)
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Pilihan : Tes Uraian
Indikator :
1.
Siswa dapat menentukan koordinat tiga obyek pada suatu
peta terhadap obyek lain yang dipilih sebagai titik asal, dan arah utara diwakili oleh sumbu Y.
Instrumen dan pedoman penskoran
terlampir
5)
Penilaian Kompetensi Ketrampilan
(Untuk KD 3.10 tidak ada tagihan
penilaian untuk kompetensi ketrampilan)
Lembar Observasi
A.
Petunjuk
Umum
Lembar penilaian diri diisi oleh guru
untuk menilai sikap konsisten dan teliti siswa, dengan cara memberikan tanda check
(√) pada kolom yang seseuai.
B.
Petunjuk
Khusus
Keterangan Skor Penilaian
4
= selalu melakukan sesuai pernyataan
3
= sering melakukan sesuai pernyataan tapi kadang tidak melakukan
2
= kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah melakukan
Nama
Siswa / Kelas : ....................................
Topik :
Sistem Koordinat
Hari
/ Tanggal Pengamatan :………………………….
No
|
Deskriptor yang diamati
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Saya memiliki pendirian dalam menyelesaikan tugas
|
|
|
|
|
2
|
Saya berpendirian teguh dalam menyelesaikan tugas
|
|
|
|
|
3
|
Saya tidak ceroboh dalam menyelesaikan tugas
|
|
|
|
|
4
|
Saya memeriksa hasil pekerjaan
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1
sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
Skor akhir = (skor
yang diperoleh : skor maksimal) x 4
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik :
apabila 3.33 < skor akhir < 4.00
Baik :
apabila 2.33 < skor akhir < 3.33
Cukup :
apabila 1.33 < skor akhir < 2.33
Kurang :
apabila skor akhir< 1.33
Lembar Penilaian Diri
Nama
/ Kelas :
....................................
Topik :
Sistem Koordinat
Hari
/ Tanggal Mengisi :………………………….
A.
Petunjuk
Umum
Isilah lembar penilaian diri sesuai keadaan
kalian berkenaan dengan sikap konsisten dan teliti dengan cara
memberikan tanda check (√) pada kolom yang seseuai.
B.
Petunjuk
Khusus
Keterangan Skor Penilaian
4
= selalu melakukan sesuai pernyataan
3
= sering melakukan sesuai pernyataan tapi kadang tidak melakukan
2
= kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah melakukan
No
|
Deskriptor sikap
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Saya memiliki pendirian dalam menyelesaikan tugas
|
|
|
|
|
2
|
Saya berpendirian teguh dalam menyelesaikan tugas
|
|
|
|
|
3
|
Saya tidak ceroboh dalam menyelesaikan tugas
|
|
|
|
|
4
|
Saya memeriksa hasil pekerjaan
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1
sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
Skor akhir = (skor
yang diperoleh : skor maksimal) x 4
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik :
apabila 3.33 < skor akhir < 4.00
Baik :
apabila 2.33 < skor akhir < 3.33
Cukup :
apabila 1.33 < skor akhir < 2.33
Kurang :
apabila skor akhir< 1.33
Lembar Penilaian Antar Siswa
Nama
penilai :
....................................
Nama
siswa yang dinilai : ....................................
Kelas/ Mata
Pelajaran : VIII
/ Matematika
Tanggal Mengisi :………………………….
A.
Petunjuk
Umum
Isilah lembar penilaian antar siswa ini sesuai
pengamatanmu terhadap sikap konsisten dan teliti temanmu dengan
cara memberikan tanda check (√) pada kolom yang seseuai.
B.
Petunjuk
Khusus
Keterangan Skor Penilaian
4
= selalu melakukan sesuai pernyataan
3
= sering melakukan sesuai pernyataan tapi kadang tidak melakukan
2
= kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah melakukan
No
|
Deskriptor sikap
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Memiliki pendirian dalam menyelesaikan tugas
|
|
|
|
|
2
|
Berpendirian teguh dalam menyelesaikan tugas
|
|
|
|
|
3
|
Tidak ceroboh dalam menyelesaikan tugas
|
|
|
|
|
4
|
Memeriksa hasil pekerjaan
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1
sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
Skor akhir = (skor
yang diperoleh : skor maksimal) x 4
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik :
apabila 3.33 < skor akhir < 4.00
Baik :
apabila 2.33 < skor akhir < 3.33
Cukup :
apabila 1.33 < skor akhir < 2.33
Kurang :
apabila skor akhir< 1.33
Tes Uraian
Alternatif
pedoman penskoran jawaban soal:
No
|
Aspek
Penilaian
|
Rubrik
Penilaian
|
Skor
|
1.
|
Pemahaman
terhadap konsep jarak titik terhadap titik asal
|
Dihubungkan
dengan konsep jarak
titik terhadap titik asal
|
5
|
Dihubungkan dengan konsep jarak titik terhadap titik asal namun belum
benar
|
3
|
||
Sama
sekali tidak dihubungkan dengan konsep jarak titik titik asal
|
1
|
||
Tidak
ada respon/jawaban
|
0
|
||
2.
|
Kebenaran
jawaban akhir soal
|
Jawaban
benar
|
5
|
Jawaban
hampir benar
|
3
|
||
Jawaban salah
|
1
|
||
Tidak
ada respon/jawaban
|
0
|
||
3.
|
Proses
perhitungan
|
Seluruhnya benar
|
5
|
Sebagian
besar benar
|
3
|
||
Sebagian
kecil saja yang benar
|
2
|
||
Sama
sekali salah
|
1
|
||
Tidak
ada respon/jawaban
|
0
|
||
|
|
Skor maksimal =
|
15
|
|
|
Skor minimal =
|
0
|
Padang,
Kepala MTsS TI Lubeg Guru
Mata Pelajaran
Drs. H. Dasril AS Desrial,
S.Pd.I
Komentar
Posting Komentar