RPP Matematika Sistem Koordinat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah               : MTsS TI Lubeg
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas/Semester            : VIII / SATU
Topik                                 : Sistem Koordinat
Alokasi Waktu               8 jam pelajaran @ 40 menit 
Jumlah Pertemuan seluruhnya: 3 pertemuan

A.        Komptensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1.1 Merasa bersyukur kepada Tuhan yang memberi kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar sistem koordinat
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1  Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.3      Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
2.1.1     Menunjukkan sikap konsisten dan teliti dalam menyelesaikan tugas dari guru




2.3.1     Memiliki sikap menghargai pendapat teman dalam diskusi
3      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.10. Menggunakan koordinat Cartesius dalam menjelaskan posisi relatif benda terhadap acuan tertentu
3.10.1.    Menentukan posisi titik terhadap sumbu X dan sumbu Y
3.10.2.    Menentukan posisi titik terhadap titik asal (0,0)
3.10.3.      Menentukan posisi titik terhadap titik tertentu (a,b)


B.         Materi Pembelajaran
1.       Jarak titik terhadap titik asal (0,0)
( ditambah uraian materi secara singkat )
2.       posisi titik terhadap sumbu X dan sumbu Y
( ditambah uraian materi secara singkat )
3.       Jarak titik terhadap titik tertentu (a,b)
( ditambah uraian materi secara singkat )

C.         Model Pembelajaran Project Based Learning

D.        Langkah-langkah Pembelajaran

TAHAP PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Penentuan Pertanyaan mendasar (Start With the Essensial Question)
Bagaimana menentukan posisi suatu obyek terhadap obyek lain pada suatu peta?
2. Mendesain Perencanaan Proyek (Design a plan for the project)
1.       Membuat aturan main, yaitu tugas proyek dilaksanakan selama 1 minggu secara berkelompok terdiri dari 3 – 4 orang.
2.       Memilih aktifitas yang mendukung menjawab pertanyaan esensial, yaitu:
a.    Siswa diberi tugas mencari peta kota yang dilengkapi dengan denah perumahan yang antara lain memuat: rumah, tempat ibadah, sekolah, puskesmas, pos kamling, toko, lapangan, rumah ketua RT, dll
b.    Siswa diminta untuk menentukan koordinat dari masing-masing obyek pada peta terhadap titik asal yang telah ditentukan lebih dahulu, dan menyajikan hasilnya dalam bentuk tabel, contoh /alternatif tabel:
Titik Asal
Nama obyek & Koordinat
Sekolah
Rumah     (3,4)






c.     Konsultasi ke guru terkait dengan kegiatan yang sudah dilakukan
d.    Membuat laporan dalam bentuk majalah dinding
e.    Persiapan presentasi(pengecekan kelas yang akan digunakan, papan untuk menempelkan majalah dinding, lcd, membuat undangan, dll)
f.     Mempresentasikan laporan dalam diskusi kelas
g.    Mencatat komentar dan saran dari teman teman dan guru
3. Menyusun Jadwal (Create a schedule)
1.     Siswa diberi tugas mencari peta kota yang dilengkapi dengan denah perumahan yang antara lain memuat: rumah, tempat ibadah, sekolah, puskesmas, pos kamling, toko, lapangan, rumah ketua RT, dll,
2.     Siswa diminta untuk menentukan koordinat dari masing-masing obyek pada peta terhadap titik asal yang telah ditentukan lebih dahulu, dan menyajikan hasilnya dalam bentuk tabel, contoh /alternatif tabel:
3.     Konsultasi ke guru terkait dengan kegiatan yang sudah dilakukan,
4.     Membuat laporan dalam bentuk majalah dinding
5.     Persiapan presentasi(pengecekan kelas yang akan digunakan, papan untuk menempelkan majalah dinding, lcd, membuat undangan, dll)
6.     Mempresentasikan laporan dalam diskusi kelas
7.     Mencatat komentar dan saran dari teman teman dan guru
4. Memonitor Siswa dan Kemajuan Proyek (Monitor the students and the Progress of the Project)
Untuk memonitor siswa dan kemajuan proyek, guru melakukan pengamatan kepada siswa dalam menyelesaikan proyek dengan membuat  rubrik yang merekam keseluruhan aktifitas siswa.
5. Menguji Hasil (Assess the Outcome)
Dilakukan penilaian tugas proyek dengan skala rentang (rating scale) dan penilaian sikap perkembangan  siswa yaitu sikap tanggung jawab dalam kelompok
6. Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience)
Dilakukan refleksi pada akhir proses pembelajaran, terhadap aktifitas dan hasil proyek yang sudah dijalankan.

E.         Penilaian
a.       Penilaian Kompetensi Sikap “konsisten dan teliti
1)    Indikator pencapaian sikap konsisten dan teliti:
                         a)        Memiliki pendirian dalam menyelesaikan tugas
                        b)        Berpendirian teguh dalam menyelesaikan tugas
                         c)        Tidak ceroboh dalam menyelesaikan tugas
                        d)        Memeriksa hasil pekerjaan
2)      Cara penilaian sikap konsisten dan teliti :
                         a)        Observasi
                        b)        Penilaian Diri
                         c)        Penilaian Antar Siswa
3)       Instrumen penilaian kompetensi sikap (terlampir)

4)      Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Pilihan : Tes Uraian
Indikator :
1.       Siswa dapat menentukan koordinat tiga obyek pada suatu peta terhadap obyek lain yang dipilih sebagai titik asal, dan arah utara diwakili oleh sumbu Y.
Instrumen dan pedoman penskoran terlampir

5)      Penilaian Kompetensi Ketrampilan
 (Untuk KD 3.10 tidak ada tagihan penilaian untuk kompetensi ketrampilan)



Lembar Observasi

A.    Petunjuk Umum                                                                                                                     
Lembar penilaian diri diisi oleh guru untuk menilai sikap konsisten dan teliti siswa, dengan cara memberikan tanda check () pada kolom yang seseuai.
B.     Petunjuk Khusus
Keterangan Skor Penilaian
4 = selalu  melakukan sesuai pernyataan
3 = sering melakukan sesuai pernyataan tapi kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
          1 = tidak pernah melakukan       

Nama Siswa / Kelas                         : ....................................
Topik                                                     : Sistem Koordinat
Hari / Tanggal Pengamatan          :………………………….
                                                                                                        

No
Deskriptor yang diamati
Skor
1
2
3
4
1
Saya memiliki pendirian dalam menyelesaikan tugas




2
Saya berpendirian teguh dalam menyelesaikan tugas




3
Saya tidak ceroboh dalam menyelesaikan tugas




4
Saya memeriksa hasil pekerjaan





Jumlah



Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Skor akhir =  (skor yang diperoleh : skor maksimal) x 4
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik         : apabila 3.33  < skor akhir < 4.00
Baik                        : apabila 2.33  < skor akhir < 3.33
Cukup                   : apabila 1.33  < skor akhir < 2.33
Kurang                  : apabila  skor akhir< 1.33




Lembar Penilaian Diri
Nama / Kelas                                     : ....................................
Topik                                                     : Sistem Koordinat
Hari / Tanggal Mengisi                    :………………………….

A.    Petunjuk Umum                                                                                                                     
 Isilah lembar penilaian diri sesuai keadaan kalian berkenaan dengan sikap konsisten dan teliti dengan cara memberikan tanda check () pada kolom yang seseuai.
B.     Petunjuk Khusus
Keterangan Skor Penilaian
4 = selalu  melakukan sesuai pernyataan
3 = sering melakukan sesuai pernyataan tapi kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
          1 = tidak pernah melakukan       
                                                                                                                 

No
Deskriptor sikap
Skor
1
2
3
4
1
Saya memiliki pendirian dalam menyelesaikan tugas




2
Saya berpendirian teguh dalam menyelesaikan tugas




3
Saya tidak ceroboh dalam menyelesaikan tugas




4
Saya memeriksa hasil pekerjaan





Jumlah



Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Skor akhir =  (skor yang diperoleh : skor maksimal) x 4
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik         : apabila 3.33  < skor akhir < 4.00
Baik                        : apabila 2.33  < skor akhir < 3.33
Cukup                   : apabila 1.33  < skor akhir < 2.33
Kurang                  : apabila  skor akhir< 1.33



Lembar Penilaian Antar Siswa
Nama penilai                                      : ....................................
Nama siswa yang dinilai                 : ....................................
Kelas/ Mata Pelajaran                    :  VIII / Matematika
Tanggal Mengisi                                :………………………….

A.    Petunjuk Umum                                                                                                                     
 Isilah lembar penilaian antar siswa ini sesuai pengamatanmu terhadap sikap konsisten dan teliti temanmu dengan cara memberikan tanda check () pada kolom yang seseuai.
B.     Petunjuk Khusus
Keterangan Skor Penilaian
4 = selalu  melakukan sesuai pernyataan
3 = sering melakukan sesuai pernyataan tapi kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
          1 = tidak pernah melakukan       
                                                                                                                 

No
Deskriptor sikap
Skor
1
2
3
4
1
Memiliki pendirian dalam menyelesaikan tugas




2
Berpendirian teguh dalam menyelesaikan tugas




3
Tidak ceroboh dalam menyelesaikan tugas




4
Memeriksa hasil pekerjaan





Jumlah


Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Skor akhir =  (skor yang diperoleh : skor maksimal) x 4
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik         : apabila 3.33  < skor akhir < 4.00
Baik                        : apabila 2.33  < skor akhir < 3.33
Cukup                   : apabila 1.33  < skor akhir < 2.33
Kurang                  : apabila  skor akhir< 1.33







Tes Uraian
Alternatif pedoman penskoran jawaban soal:
No
Aspek Penilaian
Rubrik Penilaian
Skor
1.
Pemahaman terhadap konsep jarak titik terhadap titik asal
Dihubungkan dengan konsep jarak titik terhadap titik asal
5
Dihubungkan  dengan konsep jarak titik terhadap titik asal namun belum benar
3
Sama sekali tidak dihubungkan dengan konsep jarak titik titik asal
1
Tidak ada respon/jawaban
0
2.
Kebenaran jawaban akhir soal
Jawaban benar
5
Jawaban hampir benar
3
Jawaban  salah
1
Tidak ada respon/jawaban
0
3.
Proses perhitungan
Seluruhnya  benar
5
Sebagian besar benar
3
Sebagian kecil saja yang benar
2
Sama sekali salah
1
Tidak ada respon/jawaban
0


Skor maksimal =
15


Skor minimal =
0

Padang,   
Kepala MTsS TI Lubeg                                                                                                    Guru Mata Pelajaran





Drs. H. Dasril AS                                                                                                                                Desrial, S.Pd.I

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penutup kata dlm pepatah petitih Minangkabau

PEMBUKA KATO DI DALAM PEPATAH PETITIH MINANG KABAU

jangan dibuang dulu tanaman liar dirumah anda