PROFIL TK BELAJAR PINTAR
Profil Sekolah
Pelaksanaan
pendidikan di KB/ PAUD Tahfidz Belajar Pintar menganut prinsip “Bermain sambil
belajar, belajar seraya bermain”. Melalui pendekatan bermain, anak-anak dapat
mengembangkan aspek psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama,
kemandirian, pembiasaan, sosial-emosional, kognitif, bahasa, motorik serta
seni. Pada prinsip di atas, bermain mengandung makna yang menyenangkan dan
mengasyikkan sehingga kreativitas anak dapat berkembang maksimal.
KB/ PAUD Tahfidz Belajar Pintar juga memiliki sarana dan
prasarana yang lengkap sehingga dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan
jasmani dan rohani agar anak menjadi generasi yang beriman dan bertaqwa
(IMTAQ), berilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta memiliki kesiapan
untuk menjalani pendidikan jenjang sekolah dasar.
Usia PAUD adalah usia emas (golden age). Stimulus yang baik akan
menentukan masa depan anak. Setiap anak dianugerahkan rasa keingintahuan. Daya
eksplorasi terhadap pengembangan kegiatan belajar yang bernuansakan kecerdasan
majemuk (multiple intelligences) akan menjadi lebih indah apabila guru PAUD
memiliki motivasi dan kreativitas dalam mempersiapkan pembelajaran, “Bawalah
dunia mereka ke dunia kita dan antarkanlah dunia kita ke dunia mereka, sehingga
akan menjadi dunia kita bersama”.
Program
Kami
Program Pendidikan KB/ PAUD Tahfidz Belajar Pintar, antara lain:
§
Pembiasaan
§
Kemampuan dasar yang meliputi Kognitif, Seni, dan Fisik Motorik.
Selain pendidikan tersebut di atas KB/ PAUD Tahfidz Belajar
Pintar menerapkan program ekstrakurikuler, antara lain:
1. Assembly (Pertunjukan Anak)
Melatih keberanian, menumbuhkan rasa percaya diri, meningkatkan
kemampuan berkomunikasi, seni dan kreatifitas.
2. Field Trip (Mengenal Ciptaan Allah)
Mengajak anak untuk mengenal lingkungan sosial, sekaligus
menambah pengetahuan dan wawasan anak tentang lingkungan sekitar serta mengajak
anak belajar dan mengenal lebih dekat ciptaan Allah sehingga anak dapat
mencintai ciptaan Allah.
3. Outbound (Pendidikan Petualangan)
Melatih dan mendidik keberanian, kemandirian, kekuatan fisik,
rasa percaya diri, kebersamaan dan rasa kerja sama pada anak.
4. Wisata Belajar
Mengajak anak untuk mengunjungi tempat-tempat sebagai sumber
belajar selain di sekolah, menambah wawasan dan keterampilan hidup anak.
5. Cookery Class
Mengajak dan mendidik anak untuk mengenal dan mencoba
kelengkapan dan alat untuk memasak dengan kreasi masing-masing.
6. Manasik Haji
Mengajak dan mendidik anak untuk lebih mengenal ritual ibadah
haji, sehingga menumbuhkan rasa cinta dan khidmat serta bergembira dalam
melakukan praktek ibadah haji.
7. Olah Raga (Senam Sehat Ceria, Renang)
Untuk melatih motorik kasar anak atau untuk menyeimbangkan otak
kanan dan otak kiri.
8. Logika (Permainan Kreatif)
Untuk menumbuh kembangkan kreatifitas anak dalam bermain.
Kegiatan
Siswa
Kemandirian
§
Menggosok gigi
§
Mencuci tangan sebelum/sesudah makan
§
Budaya antri
§
Meletakkan barang pada loker
§
Memasang sepatu/kaos kaki sendiri
Wisata belajar
§
Ke kolam ikan
§
Ke taman bunga
§
Ke kantor polisi
§
Ke kantor pos
§
Ke PMK
§
Ke bandara
§
Ke lokasi lainnya yang bisa membuka wawasan.
Kegiatan Sosial
§
Ke panti asuhan
§
Ke panti jompo
§
Santunan ke penjual koran
Akhlakul Karimah
§
Praktek wudhu
§
Praktek sholat
§
Tahfidz surah pendek
§
Tahfidz hadits
§
Tahfidz do’a harian
§
Asmaul husna
§
Ayat kursi
Pembelajaran Indoor/Outdoor
§
Pembiasaan
§
Kemampuan dasar (kognitif, berbahasa, fisik motorik)
§
Seni
§
Cookery class
§
Praktek menanam
§
Pembelajaran di lingkungan sekolah
Komentar
Posting Komentar